Kamis, 15 April 2010

Pantai Barito Biak, Papua






Suara karang yang dihantam ombak membangunkan saya dari lamunan kala itu. Di tempat saya berdiri, deru ombak rajin menyeret pasir ke garis pantai menggoyang pijakan. Sementara diri masih takjub dan lirih berdzikir memuji keindahan ciptaanNya.
Ya, begitulah ekspresi saya setiba di Pantai Barito, Biak Timur Papua. Pantai yang paling indah dari semua pantai yang pernah saya datangi di Biak. Tidak berlebihan kalau saya sebut pantai yang paling indah karena tempat ini menyimpan sudut-sudut pemandangan yang bagus untuk diabadikan kamera. Tak pelak setibanya di Pantai Barito yang saya lakukan pertama kali adalah hunting foto (hehe...walaupun hanya memakai kamera HP) pemandangan sekitar pantai.

Terletak di pesisir timur pulau Biak pantai ini merupakan tempat yang asyik untuk bermain air. Dengan intensitas ombak sedang kerap menggoda untuk diterjang.
Kawasan sepanjang pesisir pantai ini merupakan kawasan pemukiman penduduk. Bisa dikatakan hampir semua penduduk disini adalah nelayan yang menjadikan Pantai Barito sebagai tumpuan mata pencaharian mereka.

Di sebelah selatan pantai ada tempat yang cocok bagi para pemancingmania. Selain berupa daratan yang menjorok ke laut dalam, di tempat ini kita bisa melihat garis Pantai Barito sampai keujung. Di tempat ini pula kami sempat melihat penyu laut muncul ke permukaan memperlihatkan kecantikannya.

Perjalan menuju Pantai Barito sendiri dapat ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan mobil dari pusat kota Biak. Rasanya perjalanan panjang menuju pantai terbayar lunas ketika melihat pantai yang indah ini. Sangat sayang untuk dilewatkan bila mampir ke Biak tanpa mengunjungi tempat ini.

1 komentar: